5 Cara Untuk Mengamankan Informasi Virtual

Beberapa waktu lalu, beberapa situs web besar dan terkenal didunia mengalami kebocoran data pada sistem keamanannya (lihat Hosting Terbaik untuk Bisnis Online Profesional). Hampir seluruh informasi pengguna situs web tersebut berhasil diketahui oleh peretas tersebut. Kejadian seperti itu mungkin tidak sepenuh tanggung jawab pengelola situs web yang diretas namun ada dugaan bahwa pengguna juga turut andil terhadap kebocoran keamanan situs web. Pada umumnya, pengelola situs web telah menghimbau agar para penggunanya tidak selalu mengandal namapengguna dan katakunci yang sama untuk rentang waktu yang panjang demi keamanan akun si pengguna itu sendiri. Bila hal tersebut tidak diindahkan maka kemungkinan besar akan memudahkan para peretas untuk mengambil informasi tersebut.

Berikut ini adalah 5 cara untuk mengamankan informasi virtual, yaitu:

Prestisewan-5CaraUntukMengamankanInformasiVirtual.png | Beberapa waktu lalu, beberapa situs web besar dan terkenal didunia mengalami kebocoran data pada sistem keamanannya (lihat Hosting Terbaik untuk Bisnis Online Profesional). Hampir seluruh informasi pengguna situs web tersebut berhasil diketahui oleh peretas tersebut. Kejadian seperti itu mungkin tidak sepenuh tanggung jawab pengelola situs web yang diretas namun ada dugaan bahwa pengguna juga turut andil terhadap kebocoran keamanan situs web. Pada umumnya, pengelola situs web telah menghimbau agar para penggunanya tidak selalu mengandal namapengguna dan katakunci yang sama untuk rentang waktu yang panjang demi keamanan akun si pengguna itu sendiri. Bila hal tersebut tidak diindahkan maka kemungkinan besar akan memudahkan para peretas untuk mengambil informasi tersebut.
  1. Membuat katakunci yang sulit diretas. Sebagaimana kita tahu bahwa katakunci didesain untuk mengamankan akun yang dibuat. Untuk membuat katakunci yang kuat adalah dengan mengkombinasi huruf, angka dan symbol.
  2. Jangan menggunakan katakunci yang sama secara terus-menerus. Sangat disarankan untuk mengubah katakunci dalam jangka waktu tertentu untuk menghindari peretasan. Meskipun hal tersebut memang menjengkelkan namun demi keamanan maka hal tersebut layak untuk dilakukan.
  3. Jangan membagi-pakai katakunci. Membagi-pakai katakunci kadang tidak bisa dihindari terutama dengan rekan kerja yang kebetulan harus menggunakan akun yang sama untuk menunjang operasionalnya. Oleh karena itu, sebaiknya meminta administrator kantor untuk dapat membuat akun terpisah namun tetap dapat terintegrasi dan tersinkronisasi.
  4. Menyalin data yang penting. Komputasi awan (lihat Rekomendasi untuk Cloud Dedicated Server Terbaik dan Termurah di Indonesia) yang tumbuh dan berkembang saat ini memang menunjang untuk dapat menyimpan data yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun dibutuhkan. Namun, menyalin data yang penting adalah hal yang harus dilakukan agar dapat menjaga keamanan dan merasa cemas.
  5. Tetap waspada. Banyak cara bagi peretas untuk dapat memiliki informasi berharga yang Anda miliki dimana salah satunya dengan mengirim email spam kepada Anda. Oleh karena itu, kewaspadaan terhadap hal tersebut harus ditingkatkan selain dengan mengandal perangkat lunak yang ada dan mudah didapat.

Demikianlah 5 cara untuk mengamankan informasi virtual yang Anda miliki. Semoga dapat membantu dalam menciptakan keamanan data dan kenyamanan dalam memanfaatkan teknologi informasi. Lihat video: http://youtu.be/sQXc3UOBPoE

Referensi: http://nawopekconr.blogspot.com/2014/10/5-cara-untuk-mengamankan-informasi.html